Skip to main content

Tips cara menyapih pedet dari Induknya

 Untuk menyapih pedet, ada beberapa langkah yang bisa diikuti:



    1. Kenali tanda-tanda pedet sudah siap disapih. Pedet biasanya sudah siap disapih pada usia 3-4 bulan. Beberapa tanda bahwa pedet sudah siap disapih antara lain sudah bisa mengunyah dan mencerna makanan padat, sudah mulai mandiri dalam mencari makanan, dan sudah mulai tidak sering menyusu pada induknya.

    2. Persiapkan makanan padat untuk pedet. Sebelum menyapih pedet, pastikan sudah menyediakan makanan padat yang sesuai untuk umurnya. Makanan padat untuk pedet bisa berupa pelet khusus untuk sapi atau rumput hijauan yang sudah dipotong kecil-kecil. Perlahan-lahan biasakan pedet makan makanan padat tersebut.

    3. Kurangi pemberian susu pada pedet. Mulailah mengurangi pemberian susu pada pedet secara bertahap. Anda bisa memberikan susu hanya satu atau dua kali dalam sehari dan perlahan-lahan dikurangi hingga akhirnya dihentikan sama sekali.

    4. Berikan makanan padat secara bertahap. Setelah pedet mulai terbiasa dengan makanan padat, berikan makanan tersebut secara bertahap. Pada awalnya, berikan makanan padat hanya beberapa sendok saja dan bertambah sedikit demi sedikit setiap harinya. Hal ini akan membantu sistem pencernaan pedet untuk beradaptasi dengan makanan baru.

    5. Pastikan pedet memiliki akses ke air bersih. Selain memberikan makanan padat, pastikan juga pedet memiliki akses yang cukup ke air bersih. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan pedet dan membantu mereka mencerna makanan dengan lebih baik.

    6. Berikan perhatian dan kasih sayang yang cukup. Pedet akan merasa sedikit cemas dan terpisah dari induknya saat disapih. Pastikan Anda memberikan perhatian dan kasih sayang yang cukup pada pedet, sehingga mereka merasa nyaman dan tidak terlalu cemas.

    7. Pantau kesehatan pedet. Pastikan Anda selalu memantau kesehatan pedet secara teratur. Jika ada tanda-tanda masalah kesehatan, segera hubungi dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Ingatlah bahwa setiap pedet berbeda dan dapat memerlukan waktu yang berbeda-beda untuk beradaptasi dengan makanan baru. Selalu pantau kesehatan dan perilaku pedet untuk memastikan mereka mendapatkan perawatan yang tepat.


Comments

Popular posts from this blog

pakan kucing toms cat food tuna & lamb

Toms cat food tuna & lamb adalah pakan kucing yang di produksi dari Taiwan, pakan kucing ini dijual cukup terjangkau. Kualitas nya bagus Dan palatabilitas yang baik. Berikut beberapa kelebihannya.  Menggunakan bahan baku protein tinggi, mengandung MOS dan antioksidan, diperkaya serat alami untuk kebaikan usus, diperkaya yeast dan natural enzyme, mengandung prebiotic, mengandung serat psyllium dan yucca shidigera untuk mengurangi bau pup, mengandung biotin, taurine, dan Asam amino essential, diperkaya EPA dan DHA, mengandung mineral dan vitamin seimbang, dan bertekstur renyah dan unik yang dapat mengurangi karang gigi kucing. 

Program Kesehatan Ayam Broiler

Ini adalah program kesehatan ayam broiler yang dibuat berdasarkan produk-produk yang terdapat pada Bratajaya Poultry Shop. Program kesehatan ayam broiler ini sudah diuji coba pada kandang percobaan Bratajaya Farm.    

Review pakan kucing Kitchen Flavor Grain Free Adult Cat Food

Pakan kucing ini diproduksi oleh perusahaan Bridge PetCare co., Ltd. Dari China, secara sekilas kemasannya tebal dan terdapat ziplock sehingga tidak perlu repot memindah ke toples saat menyimpannya. Cat food ini diklaim sudah Grain free yang menjadi trend saat ini untuk cat lovers sebagai pakan terbaik untuk kucingnya. Pada kemasannya juga tertulis no pork atau tidak mengandung babi yang lebih membuat kita merasa aman untuk memberikannya kepada kucing kesayangan kita, Secara pribadi saya sendiri muslim, sehingga label no pork memiliki nilai lebih untuk membeli sesuatu, terutama pakan untuk kucing kesayangan kita. Secara umum kemasannya sangat informatif sekali menjelaskan detail tentang pakannya, contohnya tentang sumber protein yang terkandung berasal dari Daging hewan 88%, Buah dan sayuran 12% dan Bijian 0%. Terdapat juga tulisan di bagian bawah menerangkan bahwa tidak mengandung pewarna buatan, pengawet buatan, penggumpal kotoran, GMO, Antibiotik dan hormon