Skip to main content

contoh rotasi lahan hijauan untuk optimalisasi beternak sapi menggunakan lahan yang terbatas

Berikut adalah contoh jadwal rotasi untuk optimalisasi lahan dalam beternak sapi menggunakan lahan yang terbatas:



Contoh Jadwal Rotasi Pemakanan

Minggu 1-4:

  • Petak 1: Rumput dibiarkan tumbuh dan digunakan sebagai padang rumput utama. Sapi dibiarkan menggembala di petak ini.
  • Petak 2: Rumput dibiarkan tumbuh sebagai cadangan, disiapkan untuk digunakan setelah periode istirahat.

Minggu 5-8:

  • Petak 1: Sapi dipindahkan ke Petak 2 untuk memberikan waktu istirahat pada Petak 1. Petak 1 dibiarkan tumbuh kembali dan dijadikan sebagai padang rumput utama.
  • Petak 2: Sapi menggembala di Petak 2 yang telah tumbuh kembali. Rumput di Petak 2 dipotong untuk pakan sapi.

Minggu 9-12:

  • Petak 1: Sapi tetap di Petak 2. Petak 1 dipotong untuk pakan sapi atau disimpan sebagai cadangan.
  • Petak 2: Sapi tetap di Petak 2. Rumput di Petak 2 yang telah tumbuh kembali dipotong untuk pakan sapi.

Minggu 13-16:

  • Petak 1: Sapi dipindahkan kembali ke Petak 1. Petak 2 dibiarkan tumbuh kembali sebagai cadangan.
  • Petak 2: Petak 2 dibiarkan tumbuh kembali sebagai cadangan untuk periode selanjutnya.

Minggu 17-20:

  • Petak 1: Sapi menggembala di Petak 1. Rumput di Petak 1 dipotong untuk pakan sapi.
  • Petak 2: Petak 2 dibiarkan istirahat untuk pemulihan.

Minggu 21-24:

  • Petak 1: Sapi tetap di Petak 1. Rumput di Petak 1 yang telah tumbuh kembali dipotong untuk pakan sapi.
  • Petak 2: Sapi dipindahkan kembali ke Petak 2 setelah periode istirahat. Petak 2 disiapkan kembali sebagai padang rumput utama.

Dengan mengikuti jadwal rotasi seperti ini, Anda dapat memastikan bahwa setiap petak lahan mendapat waktu istirahat yang cukup untuk pemulihan, sementara sapi Anda tetap memiliki pasokan pakan yang memadai sepanjang tahun. Pastikan untuk memantau kondisi tanaman dan sapi Anda secara teratur dan sesuaikan jadwal rotasi jika diperlukan berdasarkan kondisi aktual lahan dan kebutuhan ternak Anda.

Comments

Popular posts from this blog

pakan kucing toms cat food tuna & lamb

Toms cat food tuna & lamb adalah pakan kucing yang di produksi dari Taiwan, pakan kucing ini dijual cukup terjangkau. Kualitas nya bagus Dan palatabilitas yang baik. Berikut beberapa kelebihannya.  Menggunakan bahan baku protein tinggi, mengandung MOS dan antioksidan, diperkaya serat alami untuk kebaikan usus, diperkaya yeast dan natural enzyme, mengandung prebiotic, mengandung serat psyllium dan yucca shidigera untuk mengurangi bau pup, mengandung biotin, taurine, dan Asam amino essential, diperkaya EPA dan DHA, mengandung mineral dan vitamin seimbang, dan bertekstur renyah dan unik yang dapat mengurangi karang gigi kucing. 

Program Kesehatan Ayam Broiler

Ini adalah program kesehatan ayam broiler yang dibuat berdasarkan produk-produk yang terdapat pada Bratajaya Poultry Shop. Program kesehatan ayam broiler ini sudah diuji coba pada kandang percobaan Bratajaya Farm.    

Review pakan kucing Kitchen Flavor Grain Free Adult Cat Food

Pakan kucing ini diproduksi oleh perusahaan Bridge PetCare co., Ltd. Dari China, secara sekilas kemasannya tebal dan terdapat ziplock sehingga tidak perlu repot memindah ke toples saat menyimpannya. Cat food ini diklaim sudah Grain free yang menjadi trend saat ini untuk cat lovers sebagai pakan terbaik untuk kucingnya. Pada kemasannya juga tertulis no pork atau tidak mengandung babi yang lebih membuat kita merasa aman untuk memberikannya kepada kucing kesayangan kita, Secara pribadi saya sendiri muslim, sehingga label no pork memiliki nilai lebih untuk membeli sesuatu, terutama pakan untuk kucing kesayangan kita. Secara umum kemasannya sangat informatif sekali menjelaskan detail tentang pakannya, contohnya tentang sumber protein yang terkandung berasal dari Daging hewan 88%, Buah dan sayuran 12% dan Bijian 0%. Terdapat juga tulisan di bagian bawah menerangkan bahwa tidak mengandung pewarna buatan, pengawet buatan, penggumpal kotoran, GMO, Antibiotik dan hormon